Paser Mengajar

Image

Jika menginginkan kemakmuran seribu tahun, didiklah anak-anak kita.” Kutipan bijak dari Confucius tersebut memiliki makna tentang pentingnya untuk berinvestasi pada pendidikan dan mendidik generasi muda sebagai upaya untuk memajukan kesejahteraan sebuah daerah.

Tentu kita memiliki kerangka berpikir dan semangat yang sama tentang pentingnya pendidikan. Di kabupaten Paser sendiri, hal ini sudah terlihat dari peran pemerintah daerah, serta masyarakat yang diwakili komunitas dan relawan, untuk terlibat langsung dalam peningkatan kualitas sekolah, guru, dan siswa.

Indonesia Mengajar sudah memasuki tahun keempatnya di Kabupaten Paser. Arti dari waktu tiga tahun tersebut adalah bahwa kita telah bersama-sama menyaksikan banyak perubahan yang terjadi di Paser. Perubahan-perubahan tersebut tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah dan merupakan kontribusi dari semua pihak yang peduli pada pendidikan di Paser. 

Kepedulian serta semangat yang telah tergalang, serta prestasi yang telah dicetak, perlu untuk terus dilanjutkan. Keberlanjutan program kabupaten ini diharapkan dapat menguatkan kemandirian pendidikan di Kabupaten Paser. Kemandirian ini dapat terbentuk apabila berbagai pihak yang terkait dapat dengan percaya diri menjalankan fungsinya untuk bersinergi dengan pihak yang lain.

Kini dengan bangga kami sampaikan bahwa keberlanjutan tersebut akan meluas dan terwujud dalam kerjasama antara relawan pendidikan Kalimantan Timur dengan Pengajar Muda VII dalam Gerakan Paser Mengajar.

Gerakan Paser Mengajar adalah gerakan yang diinisiasi oleh Pengajar Muda Paser untuk membuka kesempatan bagi para generasi muda untuk terlibat secara nyata untuk pendidikan di daerahnya.

“Mendidik adalah tugas orang-orang terdidik”. Kutipan dari kata-kata Soekarno tersebut memiliki makna yang dalam mengenai tanggung jawab bersama setiap individu yang mengecap manfaat dari pendidikan. Tanggung jawab bersama ini sebaiknya dikerjakan bersama-sama untuk mendapatkan hasil yang optimal, yaitu: semakin terciptanya generasi terdidik secara akhlak dan perilaku.

Untuk tahap awal, Gerakan Indonesia Mengajar memiliki Kabupaten Paser sebagai proyek pilot atau kabupaten pertama yang dipilih untuk pelaksanaan inisiasi tersebut. 

Tujuan Gerakan Paser Mengajar, yaitu :

a. menggerakkan kepeduliaan generasi muda di Kalimantan Timur, khususnya di kabupaten Paser, untuk melihat langsung kondisi pendidikan di daerahnya.

b. membuka kesempatan generasi muda untuk terlibat nyata guna meningkatkan kualitas pendidikan.

b. menciptakan ruang interaksi yang lebih luas bagi banyak pihak untuk terlibat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu kami undang adik-adik mahsiswa di Kalimanta Timur untuk bergabung di Gerakan Paser Mengajar.

 

Tim Penulis

Leave a comment